Recalling Taiwan - Taipei Trip Memory #2

Hai.. hai..
Masih cerita soal Taiwan - Taipei niih...
Rasanya ga afdol gitu kalo udah dateng ke suatu negara (walaupun judulnya Business Trip) tapi ga ngubek-ngubek tempat-tempat oke disana. Ya kaaan? Iya aja siih..
Sekarang waktunya aku ceritakan beberapa tempat yang sempat ku kunjungi di sana..
Here we gooo..... 


1. The 101 Tower
Gedung ini merupakan gedung tertinggi yang ada di Taipei, yang dulunya dikenal sebagai Taipei World Financial Centre. Gedung ini memiliki dua buah indoor observatory yang berada di lantai 88 dan 89, dari sanalah kamu bisa lihat pemandangan kota Taipei dan kalau cuacanya lagi bagus, biasanya lantai ke 91 yang merupakan observatory deck dibuka dan kita diijinkan untuk liat pemandangan disana, sensasinya lebih berasa. Cuman sayangnya pas aku kesana, lantai 91 ditutup karena cuacanya lagi windy gitu.
(Tips: datang pas malam hari biar lebih syahdu pemandangannya.. hihihi)

Ini penampakan 101 tower yang diambil dari taksi sebelum aku tiba disana.
Harga tiketnya NTD 500 atau sekitar Rp 250.000, kita udah bisa masuk ke tower di lantai 89 pakai lift yang cukup iconic. 
Buktiin sendiri deh untuk dapetin sensasinya..hehe.
Foto ini diambil dari lantai 89, disana tersedia teropong yang bisa digunakan dengan masukkin koin.
Selain area outdoor, disana juga ada area indoor yang isinya kaya showroom gitu, banyak lukisan dan karya giok-giok yang dipajang dan ada beberapa juga yang emang dijual. Kalau mau beli miniatur 101 Tower atau souvenir ciri khas Taiwan, disana juga ada section khusus yang jual barang-barang tersebut.



Address                        : No. 7, Section 5, Xinyi Road, Xinyi District, Taipei City, Taiwan 110
Admission Ticket         : NTD 500 / Rp. 250.000,-



2. Shilin Market

Shilin ini adalah salah satu night market yang cukup hits, semacam tempat  hangout murah meriah kawula muda disana. Banyak banget stall, kios, dan toko yang jual berbagai macam makanan, dari mulai snack sampai makanan berat, pernak-pernik, souvenir, dan baju-baju. Karena dari hari pertama dan kedua aku belum nemuin makanan yang bisa bikin perut ini kenyang dan tentram, ini waktunya untuk memburu makanan enak. Tempatnya lumayan crowded, jadi tips kalo kesana jangan lupa untuk pastikan bawa tas di depan ya, jaga-jaga ajaaa..



Address                        : No. 101, Jihe Road, Shilin District, Taipei City, Taiwan 111
Admission Ticket         : Free



3. Chiang Kai-Shek Memorial Hall
Konon tempat ini dibangun untuk mengenang presiden pertama Republik China yaitu Chiang Kai-Shek. Waktu aku kesana, kebetulan bangunannya sedang dalam proses renovasi tapi walaupun begitu ga mengurangi kemegahannya. Bangunan ini berada di lokasi yang sangat luas, di dalam bangunan, kita disuguhi oleh peninggalan dan jejak sejarah dari presiden tersebut, sedangkan di area luar bangunan dikelilingi oleh taman yang apik dan tersedia juga vending machine kalo-kalo kita haus pas lagi keliling di area tersebut. Tips jika ingin berkunjung, mending di bawah jam 12.00 atau kalau terpaksa berkunjung di atas jam tersebut, ya siap-siap bawa topi dan sunglasses yaaa karena cukup terik disini, lumayaan bikin pusing lah. Oya katanya kalau datang kesini malam lebih indah karena banyak lampu warna warni di area tersebut.

The Hall


Can you spot mini me?


penampakan dari Presiden Chiang Kai-Shek


ruang kerja beliau pada saat menjabat sebagai Presiden


Address                        : No. 21, Zhongshan South Road, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan 100
Admission Ticket         : Free



4. Maokong Gondola & Zhinan Temple
Sebenernya naik Gondola udah ga aneh lagi ya karena kita juga bisa naik Gondola di Taman Mini atau di Dufan. Tapi sensasinya bedaaaa banget karena kita disuguhi mountain & city view  yang sangat indah (sekarang sih bisa bilang indah, waktu pas naik mah boro-boro begitu yang ada banyakin berdoa saking takutnya sama ketinggian. hahaha). Oya, waktu tempuh buat sampe ke Maokong ini cuman 30 menit pakai taksi, tapi kalau mau pakai MRT juga bisa tapi naik dari stasiun mananya, jangan tanya karna ga tau.. hehehe
Maokong Cable Car ini sebenernya adalah salah satu moda transportasi yang menghubungkan Taipei Zoo dengan kota Maokong, dan punya 4 pemberhentian yaitu Taipei Zoo Station, Taipei Zoo South Station, Zhinan Temple Station, terakhir Maokong Station. Karena sayang banget udah jauh-jauh ya masa cuman naik gondola doang, akhirnya waktu itu aku sempet mampir dulu ke Zhinan Temple. Pas turun di Zhinan Station, kita disuguhi oleh beberapa cafe gitu. Ya lumayaan buat nongkrong sembari isi perut dulu.


Maokong Gondola(Cable Car)


mukanya "sok cool" padahal mah takut hahahha


City & Mountain View along our way taken from the cable car


kami turun di Zhinan Temple Station


Surrounding Zhinan Temple


Inside the temple. 
This is one of Taoist temples in Taiwan.




Address                        : No. 8, Section 2, Xinguang Road, Wenshan District, Taipei City, Taiwan
Admission Ticket         : NTD120 atau Rp 60.000,-




5. Last but not Least, Lungshan Temple
Karena saking ga mau ruginya, hari terakhir di Taipei pun kita manfaatkan buat mampir lagi ke tempat baru. Kalau sebelumnya aku berkunjung ke Taoist temple, sekarang giliran berkunjung ke Buddhist temple. Berada di tengah kota dan diapit oleh gedung apartemen, Lungshan Temple ini sebenarnya memang didekasikan untuk para umat Buddha, tapi seiring berjalannya waktu dan sebagai bentuk toleransi dari keragaman kepercayaan yang ada di Taiwan, jadi temple ini juga mendapat sentuhan kepercayaan Tao yang bisa dilihat dengan adanya beberapa patung dewa-dewi yang beragam. Hari itu kebetulan lagi lumayan crowded dan banyak yang lagi beribadah, mungkin karena waktu itu hari Jumat, tapi gatau juga sih..



Lungshan Temple (at frront) - The Buddhist temple


inside the temple


and of course - wefie 



Address                        : No. 211, Guangzhou Street, Wanhua District, Taipei City, Taiwan
Admission Ticket         : free



Udah kenyang main, sekarang waktunya kita pulaaangg..!
Yaaaah.. sediih deh... udahan liburannya eh maksudnya kerjanya.. 
kapan lagi ya kaan kerja rasa liburan gini. 
Mudah-mudahan aja nanti bapak bos sering-sering kasih tugas kayak gini, kan seneng jadinya.. 
hehehehe..