Recalling Taiwan - Taipei Trip Memory #1




July 2016.
Aku mendapatkan tugas ke Taiwan - Taipei untuk menghadiri salah satu acara yang diadakan oleh TAITRA (Taiwan External Trade Development Council) yaitu "Asean Business Day".  Acara tersebut diperuntukkan untuk kami, para perwakilan dari beberapa perusahaan Indonesia, untuk bertemu para supplier terkait manufakturing yang berasal dari Taiwan - Taipei dan sekitarnya.



Panitianya supeeeer cool karena kami para undangan, selain udah dikasih tiket PP gratis dan pakai China Airlines punya, juga disediain hotel accomodation yang okee banget. Acaranya sendiri adalah one-full day one-on-one meeting, jadi nanti kita ketemu dengan para supplier sesuai dengan inquiries yang udah kami kasih sebelumnya ke panitia.

Rasanya sangat menyenangkan karena bisa bertemu dengan banyak orang dari bermacam bidang bisnis yang tentu saja sangat useful untuk menunjang pekerjaanku kala itu. Ya walaupun sempat diselingi dengan kejadian canggung, karena ada beberapa supplier yang kurang talkative dan kurang dalam berbahasa Inggris, ya jadinya banyak diem-dieman dan bingung mau tanya apaan karena ga paham masing-masing. Tapi kebanyakan sih udah fasih berbahasa Inggris kok, terutama anak muda.
Oya, selain itu, ada juga kejadian lucu ketika supplier salah persepsi dengan kebutuhan yang ku jelaskan ke pihak TAITRA.


ini salahsatu kesalahpahaman supplier kala itu.
jadi yang kumaksud adalah Industrial Robot (seperti gambar di bawah), bukan robot begitu..
ha ha ha ha ha






 walaupun produk yang ditawarin ga sesuai dengan inquiries bisnisku
but she's cuteee dan fasih banget bahasa Inggrisnya,



ini bapaknya udah agak sepuh gitu, tapi super baiikk dan jelasin produknya detail banget


Seharian udah kenyang ngobrol-ngobrol dan tanya-tanya, daaaan akhirnya acara pun kelar. 
Alhamdulillaah.. senaangnya!
Itinerary kami disana sebenernya 3 hari, tapi acara resminya cuman satu hari dan sisanya acara bebas,
bisa digunakan untuk kunjungan ke tempat supplier yang sebelumnya punya prospek, atau jalan-jalan.


Keesokan harinya, aku buat janji kunjungan dengan salah satu supplier tetapku yang kebetulan ada di Taiwan, tepatnya di New Taipei City, sekitar 30 menitan dari hotelku di daerah Zhongsan.
Lucunya, karena aku dan supplierku belum pernah ketemu, kami berdua saling kirim foto untuk kasih tau supir yang akan menjemputku di hotel. Setelah lumayan agak kocak karena supirnya nyari-nyari muka yang mirip dengan foto yang sudah kukirimkan, tibalah aku di pabriknya. 



This is Anna and Ronny
Setelah empat tahun kerjasama lewat telpon dan email, kami bertiga bertemu !
lucunya mereka bilang I look younger than their thought.
hhahahaha (seneng ga sihhh dibilang gt?!)

This is Peggy
yang biasanya cerewet kalo nelpon nanyain pembayaran, hahahaha 




Casual Lunch after meeting

Hari itu diisi dengan obrolan-obrolan dari yang penting (business problem, financial issue, new project) sampai dengan hal-hal receh (kesulitan bahasa, kebiasaan orang sana, makanan halal dan  tempat beli oleh-oleh). Baru pertama kali ketemu tapi gak ada rasa canggung, karena mereka super baiiikk dan menyenangkan. 
Thanks to you, Ron, Ann and Peggy.


Well.. it's a wrap. 
Business thingy is done.
It's time for freeee time.
Let's stroll around the city.. 
wait for me in the next post !




No comments:

Post a Comment